Emirates Stadium Tour Dalam Satu Hari

Bagi para penggemar sepakbola, mengunjungi ‘kandang’ tim favorit pasti menjadi salah satu poin dalam ‘bucket list’ yang wajib dilakukan. Dalam perjalanan saya ke London kali ini, saya beruntung dapat mencoret hal tersebut dari bucket list saya dengan mengunjungi Emirates Stadium, stadium kebanggaan tim sepakbola Arsenal.

Emirates Stadium Tour - Arsenal Principle

 

Cara Mencapai Emirates Stadium

Untuk mencapai stadium Arsenal ini ada beberapa cara, akan tetapi yang saya sarankan adalah dengan memakai tube (underground) dan overground train, karena selain mudah, sebagai fans Arsenal saya ingin melihat stasiun tube satu-satunya di London yang diberi nama dari nama tim sepakbola yaitu Arsenal Station. Jika menggunakan tube, station ini terletak di Piccadily Line (tube line yang berwarna biru tua).

Selain Arsenal Station, kamu juga bisa turun di station Highbury & Islington (overground train) atau Finsbury Park (Victoria / Piccadilly Line). Untuk peta tube lengkapnya kamu bisa cek di sini

Emirates Stadium Tour - Arsenal Tube Station

 

Saya pertama kemarin mencoba menggunakan overground train dan turun di station Highbury & Islington station karena lebih dekat dari tempat saya tinggal di daerah Shoreditch. Dari station ini kamu tinggal jalan lurus saja dan belok ke arah kanan ketika menemukan papan penunjuk ke Emirates Stadium, cukup mudah kan?

Emirates Stadium Tour - Highbury & Islington Arsenal Sign

Kalau kamu melewati rute dari Highbury & Islington station ini, kamu akan melihat ada tempat makan di sisi kiri bernama Piebury Corner. Konon tradisi fans Arsenal di London ini adalah memakan pie yang ada di Piebury Corner ini di hari matchday. Uniknya, pie yang ada di tempat ini juga menggunakan nama-nama dari pemain-pemain legenda arsenal seperti Pie ‘Dennis Bergkamp’ atau Pie ‘Thierry Henry’.

Emirates Stadium Tour - Piebury Corner

 

Let’s Start the Emirates Stadium Tour

Begitu sampai di Emirates Stadium, apabila tertarik, kita bisa mengikuti stadium tour atau hanya sekedar keliling-keliling di luar stadium saja. Kalau sudah sampai di sini sih (dan apalagi kalau kamu fans Arsenal!), kamu wajib banget ikut tour ini *setengah maksa haha*.

Emirates Stadium Tour - Tour Front Desk

Emirates Stadium Tour ini sendiri ada beberapa pilihan (*kurs 1 GBP =  IDR 20,000):

1. Self-Guided Tour + Museum = GBP 18 (sekitar IDR 360,000*)
Dengan tour ini kamu akan mengelilingi isi stadium sendiri dengan dibekali alat audio + headset sebagai virtual guide. Kamu juga akan mendapatkan akses gratis ke Arsenal museum dengan tiket ini.

2. Legends Tour = GBP 37.5 (sekitar IDR 750,000*)
Dengan pilihan ini, kamu akan mengelilingi stadium bersama dengan salah satu legenda Arsenal dan akan diberikan guide lengkap oleh mereka secara lengkap. Sebagai bonus, kamu akan mendapatkan foto legenda Arsenal tersebut beserta tandatangannya dan package Arsenal limited edition. Salah satu legenda Arsenal yang menjadi guide di sini adalah Lee Dixon, salah satu defender yang terkenal di era Invincibles Four.

3. Museum only = GBP 7.5 (sekitar IDR 150,000*)
Pilihan ini hanya akan memberikan kamu akses ke museum yang berisi sejarah dan perjalanan tim Arsenal dari jaman dahulu.

Saya akhirnya memilih membeli tiket ‘Self-Guided Tour + Museum’ dengan pertimbangan saya hanya ingin melihat-lihat isi ‘kandang’ tim favorit saya ini dan saya juga dapat akses ke museumnya jadi not bad lah hehehe…

Dalam melakukan self-guided stadium tour ini, audio guide yang mendampingi kita cukup komprehensif dalam menjelaskan dan dapat kita atur sesuai tempat yang sedang kita datangi. Ada beberapa tempat yang akan kita lewati di stadium tour Arsenal ini tapi ada beberapa tempat yang paling saya suka antara lain adalah:

Director’s Box

Emirates Stadium Tour - Director's BoxIni adalah tempat ekslusif di mana para petinggi-petinggi manajemen Arsenal FC dan VIP guest menonton pertandingan. Selain tempat duduknya yang lebih eksklusif dibanding tempat penonton biasa, di dalamnya juga terdapat tempat makan yang cukup mewah. Konon untuk menjadi VIP di tempat ini kamu harus benar-benar membuktikan diri sebagai fans Arsenal yang cukup hardcore dan membayar harga yang cukup mahal. News anchor CNN, Piers Morgan, adalah salah satu VIP Arsenal yang (menurut rumor) mempunyai 3 tempat duduk di Director’s box ini.

Changing Room (Home & Away)

Emirates Stadium Tour - Arsenal Changing Room

Berbicara soal tim sepakbola, pasti kita ingin melihat tempat mereka berdiskusi dan berkumpul sebagai sebuah tim sebelum bertanding. Uniknya di Emirates Stadium ini design kamar ganti pemain untuk tim Arsenal (Home) dan tim lawan (Away) berbeda jauh. Tim Arsenal sebagai ‘penunggu’ Emirates Stadium mempunyai changing room yang sangat mewah dilengkapi dengan jacuzzi dan physiotherapy room. Kontras dengan changing room tim Away yang sangat standar dan lantainya berwarna hitam (konon katanya agar mood-nya jelek sebelum bertanding, nice one Arsenal!).

Pre-Match Tunnel

Emirates Stadium Tour - Pre-match Tunnel

Ini adalah lorong dimana pemain Arsenal dan pemain tim lawan berjalan menuju ruang ganti dan menuju ke lapangan. Di lorong ini terdapat foto-foto pemain Arsenal dan event-event bersejarah lainnya. Aura match-nya kerasa banget bro pas ngelewatin tunnel ini!

The Armoury

Emirates Stadium Tour - The ArmouryDi akhir tour, kamu akan berujung di Arsenal store yang uniknya diberi nama The Armoury (gudang senjata). Di toko Arsenal yang konon paling besar ini kamu bisa membeli berbagai macam merchandise Arsenal seperti jersey kit, scarf, banners, t-shirt dan lain-lain. Sayangnya, saat saya ingin membeli jersey kit Arsenal, ukuran S sampai L sudah habis ludes dan tidak diproduksi ulang oleh Nike karena Arsenal akan berpindah vendor jersey ke Puma tahun depan. Yah memang bukan rejeki saya kali yah,…

Arsenal Museum

Emirates Stadium Tour - Arsenal MuseumMuseum ini letaknya berbeda dengan awal tempat kita melakukan tour dan the Armoury. Kamu harus ke luar dari The Armoury terlebih dahulu, naik tangga ke atas menuju jembatan dan kamu akan melihat Arsenal museum di sisi kiri. Kamu bisa masuk ke dalam dengan menunjukkan stiker tanda kamu sudah membeli paket tour Arsenal. Di dalam, kamu akan melihat berbagai sejarah, foto-foto dan momen penting dalam perjalanan tim Arsenal.

Sebelum pulang, jangan lupa juga untuk mengelilingi Emirates Stadium ini, karena ada banyak foto-foto dan patung legenda Arsenal seperti Thierry Henry dan Tony Adams!

Emirates Stadium Tour - Arsenal Statue & PosterAll in all, saya bersama teman-teman menghabiskan waktu sampai seharian di Emirates Stadium ini (dan gak kerasa lho!). Jadi kalau kamu penggemar sepakbola and one of the Gooners, wajib banget dateng ke sini! COYG!!

Please share the article if you find it useful or interesting:

20 replies on “Emirates Stadium Tour Dalam Satu Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *